Aksi Heroik dari 2 Prajurit TNI Dalam Menyelamatkan Bocah Terseret Arus Sungai di NTT


harian44, Jakarta - Salah satu dari Anggota Satgas Yonif 132/BS TNI telah berhasil dalam menyelamatkan seorang bocah atas nama Yohanis Falo yang telah terseret dengan derasnya arus Sungai Aplal yang ada di Desa Tasinifu - Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara, (NTT).

Dansatgas Yonif 132/BS TNI, dengan Letkol Inf Wisyudha Utama menyampaikan bahwa, untuk peristiwa yang terjadi tersebut terjadi pada tanggal, 
Selasa 18 Februari 2020.

" Anak yang berusia 9 tahun Yohanis Falo,  tengah bersama temannya yaitu Yeremias Kolo usia 6 tahun yang pada saat itu mereka sedang asyik mandi di Sungai Alpal," ucap Wisyudha,  Rabu (19/2/2020).

Menurut Wisyudha sendiri, kedua anak tersebut terlihat terlalu asyik mandi hingga mereka sendiri tidak sadar kalau air sungai yang mengalir perlahan meluap tinggi akibat guyuran hujan semalaman.

" 2 bocah sedang bermain air di sungai, yang satunya bernama Yohanis Falo telah terseret arus air yang memiliki kedalaman sekitar 30 meter dari lokasi awal. Sedangkan temannya Yeremias Kolo sendiri juga tidak terseret arus, karena dia masih berada di pinggir sungai," ucap dia.

Wisyudha menyebut bahwa, Yeremias Kolo yang langsung panik kemudian langsung berteriak sangat keras untuk minta tolong. Beruntungnya ada dua prajurit Satgas Pos Naikake yang yaitu Pratu Yudha bersama Prada Simanjuntak yang pada saat itu kebetulan sedang melintas tidak jauh dari lokasi.

" Sambil mencari dari mana datang arah suara yang di dengarnya, tiba-tiba terlihat ada 2 anak kecil yang hanyut terbawa oleh arus. Didasari naluri prajurit, mereka juga tak berpikir panjang lagi untuk terjun langsung ke sungai," ucap Wisyudha.


Pratu Yudha juga melanjutkan bahwa, untuk kedalaman sungai dengan air yang meluap itu nyatanya telah mencapai 2 meter. Hanya saja, dirinya yang pada saat itu tidak berhenti dan terus berenang menuju bocah tersebut.

" Hal yang terlintas di benak kami hanya ada anak pada saat itu tidak bisa berenang, sehingga malah terseret arus sungai. Tanpa pikir panjang lagi kami juga harus terjun ke sungai untuk menolong anak tersebut," tegas prajurit TNI itu.

Bocah Selamat

Orang tua dari Yohanis Falo, Ester Molo (berusia 39 th) juga mengucapkan terima kasih atas adanya bantuan tersebut. Dia sangat terharu, apalagi saat sedang membayangkan jika nyawa dari si anak tak dapat tertolong.

" Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kalian yang telah menyelamatkan nyawa anak saya Yohanis. Jika tak segera ditolong oleh bapak, kami juga tidak tahu apa yang terjadi nantinya. Kami sungguh sangat beruntung ada Bapak Satgas sedang ada di sekitar kami," ucap Ester.