Ma'ruf Amin Minta Daerah Proaktif dalam Pendistribusian Alat Rapid Test Corona


Harian44, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut, pemerintah terus melakukan pendistribusian alat rapid test ke daerah terpapar Corona Covid-19. Wapres meminta pemerintah daerah untuk mengikut proaktif dalam pendistribusian peralatan tersebut.

"Pengiriman dilakukan oleh BNPB ke provinsi-provinsi, kemudian distribusinya dilakukan oleh provinsi ke kabupaten/kota," ungkap Wapres Ma'ruf melalui teleconference, Kamis (26/3/2020).

Wapres mengharapkan, dengan adanya bantuan alat rapid test Corona atau Covid-19 tersebut, pemerintah daerah dapat menjalankan tugas dengan proaktif dan tidak hanya sekadar menunggu bantuan itu sampai pada tepat waktunya.

Sebab kadang-kadang ada daerah yang agak jauh dengan provinsi. Karena itu supaya distribusinya tidak terlambat. Kalau perlu mendatangi kemudian membawa sendiri pulang agar distribusinya lebih cepat sampai ke sasaran," jelas Wapres.

Sementara itu, mengenai teknis pelaksanaan rapid test di daerah, kata Ma'ruf, dilakukan dengan menyambangi rumah - rumah warga setempat dan juga disediakan tempat dengan kapasitas yang terbatas.

Ada door to door yang di lakukan dan ada juga disediakan di tempat dengan jumlah terbatas. Yang penting jangan sampai ada kerumunan yang banyak, tidak melanggar physical distancing sehingga kerawanannya bisa dihindari," papar Wapres.

Impor Obat dan Vitamin

Ma'ruf juga menegaskan impor obat-obatan dan vitamin akan terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan, khususnya bagi penanganan wabah Covid-19.


Pemerintah menjamin itu akan berjalan dengan lancar karena kita memang membutuhkan tersedianya obat-obatan itu," kata Wapres.