Gempa Magnitudo 8,0 Guncang Peru, Terasa hingga Brasil


Gempa Magnitudo 8,0 Guncang Peru, Terasa hingga Brasil



Harian44 -- Peru telah diguncang gempa bumi berkekuatan 8,0 SR pada Minggu (26/5) sekitar pukul 02.41 dini hari pada waktu setempat.

Dan menurut laporan awal dari USGS  , pusat dari gempa berada pada kedalaman 110 kilometer (68 mil), yang berlokasi di sekitar 80 km dari Kota Lagunas dan 158 km dari Kota Yurimaguas.


Gempa yang terjadi di Peru Utara ini juga dikabarkan terasa hingga ke negara Brasil. USGS mengatakan gempa tidak berpotensi tsunami.




Saat ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka akibat gempa tersebut. dan berdasarkan dari semua data yang sudah tersedia , tidak ada ancaman tsunami dikarenakan gempa berpusat di kedalaman. Ujar Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di AS.

Gempa tersebut menyebabkan sejumlah warga melarikan diri dan meninggalkan rumah mereka masing-masing saat terjadi gempa. Mereka dikabarkan mengungsi akibat gempa berkekuatan cukup besar tersebut.

Pada bulan Februari 2019, gempa berkekuatan 7,5 SR juga pernah mengguncang wilayah perbatasan Peru dan Ekuador. Gempa saat itu juga menyebabkan sembilan orang terluka dan menyebabkan kerusakan di daerah Ekuador.




Peru yang terletak di daerah seismik yang mana salah satu wilayah yang rentan dilanda aktivitas seismik. Pada 14 bulan Januari tahun lalu gempa berkekuatan 7,3 SR menewaskan dua orang dan menghancurkan bangunan di dekat sekitar kota selatan Arequipa.